Cara Ampuh Menghilangkan Noda Pada Keramik / Porselen

Memang bukanlah hal yang mudah untuk membersihkan noda pada keramik seperti lantai, kamar mandi, atau bahkan closet. Apalagi jika jenis noda yang menempel pada keramik tersebut cukup bandel dan tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggosok nya dengan sabun. Salah satu contoh nada yang sangat sulit untuk dihilangkan adalah semen yang sudah mengering, lumut, kerak, noda kusam, dan masih banyak lagi.

Menggunakan produk dari pembersih pabrikan memang salah satu solusi paling efektif untuk membersihkan noda tersebut tanpa harus berpikir panjang. Hanya saja, produk pembersih yang disediakan oleh pabrikan ini tergolong cukup mahal dan zat aktifnya bisa menghasilkan efek negatif yang bersifat korosif dan dapat melukai kulit tubuh. Anda juga perlu berhati-hati ketika membersihkan menggunakan produk pembersih pabrikan karena gas yang dikeluarkan berbahaya jika terhirup dalam waktu lama.

Berikut akan kami bahas beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk membersihkan keramik dengan noda membandel:

Cuka

Bahan alami pertama yang aman dan tentunya dibanderol dengan harga murah bisa membersihkan noda bandel adalah cuka. Sifat yang dimiliki oleh cuka adalah asam dapat mengubah zat tertentu sehingga merontokkan noda membandel pada lapisan keramik dengan sangat efektif. Langkah pembersihan yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan cuka yakni:

  • Lantai keramik: Anda bisa langsung menuangkan cuka secukupnya pada bagian lantai dengan noda dan Diamkan selama 5 menit, kemudian silakan gosok dengan bantuan lap pel sampai bersih.
  • Closet: Masukkan ke dalam botol spray campuran cuka yang sudah dilarutkan dengan air kemudian semprotkan secara merata pada bagian seluruh permukaan kloset. Tunggu hingga beberapa saat kemudian lap dengan kain lembut atau menggunakan spons. Anda bisa menghilangkan bakteri pada lapisan kloset menggunakan bantuan cairan anti bakteri atau larutan pemutih.
  • Shower head: Cara membersihkan shower head dengan bantuan cuka yaitu masukkan campuran cuka ke dalam kantong plastik yang telah dicampur dengan air, kemudian masukkan kepala shower dan ikat dengan karet sehingga kepala shower terendam dan biarkan selama kurang lebih dalam 1 jam. Lepaskan kantong dan biarkan air mengalir secara perlahan, lanjutkan dengan mengelap bagian showerhead menggunakan lap kain sampai bersih.
  • Bathub: Untuk perawatannya Anda bisa menyemprotkan cuka yang sudah dicampur dengan air. Untuk membersihkan noda membandel yang ada pada peta Anda bisa menaburkan bubuk baking soda pada bagian noda tersebut dan biarkan selama beberapa saat, kemudian campurkan dengan cuka dan gosok dengan bantuan spons atau sikat lembut.
  • Perabot porselen: Untuk menghilangkan noda kusam yang terdapat pada perabot terbuat dari porselen Anda bisa menyemprotkan cuka terlebih dahulu pada bagian noda dan biarkan selama beberapa saat, kemudian silakan gosok dengan bantuan busa pembersih.

Belimbing Wuluh

Bahan alami yang tidak membutuhkan biaya mahal untuk mendapatkannya adalah buah belimbing wuluh. Zat asam yang terkandung di dalam belimbing sangat tinggi sehingga dapat membantu untuk merontokkan noda yang membandel. Langkah pembersihan yang bisa anda lakukan yaitu:

  • Keramik: Kupas belimbing wuluh dan bosokkan belimbing pada bagian noda, tunggu kurang lebih selama 10 menit kemudian Gosok menggunakan kain lap atau sikat plastik. Anda juga bisa menambahkan sabun pembersih pada sikap untuk membersihkan noda yang cukup membandel.
  • Perabot porselen: Untuk membersihkan perabot porselen dari noda membandel menggunakan belimbing wuluh anda perlu menggosokkan belimbing pada bagian noda yang ada pada perabot tersebut, diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

Batu Apung

Langkah pertama yaitu merendam batu apung pada air hangat Kemudian gunakan sarung tangan karet mulailah menggosok karat pada bagian yang bernoda bandel. Pastikan permukaan objek yang akan anda Gosok menggunakan batu apung dalam kondisi basah untuk menghindari pengikisan porselen. Jika dilihat noda mulai luntur dan hilang, anda bisa langsung membersihkannya menggunakan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *