6 Cara Membersihkan Noda Bandel Kamar Mandi dengan Bahan Alami

Kamar mandi adalah salah satu tempat yang setiap hari tentu akan kita kunjungi baik di pagi maupun malam hari. Karena menjadi tempat yang sering dijamah, tak heran apabila kamar mandi ini menjadi fasilitas yang penuh tumbuh bakteri. Apalagi fungsi utama dari kamar mandi yaitu membuang kotoran.

Jika kamar mandi tidak sering dibersihkan, ia menjadi tempat banyaknya kuman bersarang dan terlihat kotor serta menjijikkan. Berbagai masalah noda seperti adanya lumut, jamur, sebutkan properti yang berkarat seringkali muncul.

Apa saja yang harus dilakukan untuk membersihkan kamar mandi supaya terhindar dari bakteri dan segala macam kerusakan lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membersihkan noda membandel dengan memanfaatkan bahan alami.

Hilangkan Lumut Dengan Menggunakan Garam

Lumut biasanya sering tumbuh pada tempat yang lembab, tak heran jika kamar mandi menjadi salah satu tempat bersarangnya lumut. Jika anda mempunyai kamar mandi dengan ventilasi yang cukup maka hal ini tidak akan menjadi masalah yang besar, akan tetapi berbeda jika kamar mandi Anda justru mempunyai ventilasi yang tidak cukup.

Lumut sangat mudah tumbuh di tempat yang lembab, jika dibiarkan secara terus-menerus ia akan bangunan rapuh dan menjadikan lantai licin. Untuk membersihkannya anda tidak perlu susah-susah membeli obat anti lumut karena garam yang biasanya ada di dapur ternyata bisa membasmi lumut.

Cara membersihkan lumut dengan menggunakan garam yaitu memasukkan sekitar 3 sendok garam ke dalam 2 liter air kemudian rebus hingga mendidih, ketika masih panas siramkan larutan tersebut pada bagian kamar mandi yang berlumut kemudian sikap permukaan sampai bersih. Jika sudah dibilas anda bisa mengulangi tahap sebelumnya sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih.

Manfaatkan Asam Cuka Untuk Menghilangkan Kerak Kamar Mandi

Masalah yang ada di dalam kamar mandi kerap membuat pusing yaitu noda kerak yang menumpuk. Corak yang ada pada kamar mandi diakibatkan karena ia jarang dibersihkan, akibatnya bekas sabun atau noda jamur mengering dan menjadi kerak yang tidak enak dipandang.

Anda tidak perlu membeli obat khusus untuk menghilangkan kerak, karena kisah memanfaatkan campuran larutan asam cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Siramkan larutan cuka tersebut pada setiap sudut kamar mandi yang berkerak. Jika sudah tersiram secara merata Anda bisa menggosok bagian kerak sampai bersih.

Jika noda kerak pada keramik masih sulit dihilangkan anda bisa menyiramnya dengan menggunakan larutan asam cuka tanpa campuran air. Gosok dengan lebih keras untuk mengangkat kerak yang ada di lantai kamar mandi.

Hilangkan Noda Karat Pada Wastafel Dengan Bantuan Kerain Air Yang Dicampur Lemon

Keran tentu saja pasti ada di dalam kamar mandi dan kerap kali berkarat karena ia langsung berinteraksi dengan air setiap saat. Untuk mengatasinya anda bisa memberikan air jeruk lemon karena memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga ia bisa mengatasi kerak. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka campurkan saja lemon tersebut dengan garam.

Gosokkan lemon yang sudah diiris pada bagian yang berkarat kemudian siat dengan bahan keras dan bila bersih. Jika ingin dicampur dengan garam maka campurkan perasan air lemon dengan garam dan oleskan merata pada bagian yang berkarat kemudian diamkan selama 2 – 3 jam kemudian gosok dengan bahan keras.

Bersihkan Keramik Kamar Mandi Dengan Citrun

Lantai keramik yang kotor di dalam kamar mandi adalah sarang berkembangnya bakteri. Anda bisa memanfaatkan sitrun untuk membersihkan keramik dengan cara menaburkan citrun dilantai yang sudah digosok bersih dengan air. Biarkan selama 1 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. SIkat kembali bagian keramik yang ditaburi sitrun untuk mendapatkan hasil keramik seperti baru.

Membersihkan Kloset Dengan Bantuan Belimbing Wuluh / Baking Soda

Salah satu masalah yang sering muncul pada kamar mandi dan membuat risih adalah noda yang terdapat pada kloset. Membersihkan kloset dengan belimbing wuluh dengan cara menggosokkan bagian belimbing yang sudah dipotong pada permukaan kloset yang berwarna kuning, kemudian tunggu sampai mengering dan sikat dengan air bersih.

Sedangkan untuk membersihkan kloset dengan baking soda anda bisa mencampurkannya dengan cuka. Kemudian sebarkan pada seluruh bagian permukaan kloset kemudian tunggu hingga semalaman lalu bilas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *